Halte BTC pindah ke BXc Mall


Efektif sejak tanggal 1 Desember 2014 ini, halte Trans Bintaro Jaya di Bintaro Trade Center (BTC) akan pindah ke Halte Terpadu di Bintaro Jaya Xchange Mall (BXc Mall). Halte di BTC akan beralih fungsi menjadi halte Intrans Bintaro Jaya, seperti yang kini sudah ada di depan Driving Range, District Discovery.

Para pengguna Trans Bintaro Jaya kini harus menuju BXc Mall untuk menaiki angkutan transportasi feeder busway tersebut. Bagi pengendara mobil pribadi bisa langsung parkir di mall baru tersebut. Sedangkan, pengguna angkutan umum bisa memanfaatkan angkutan transportasi internal Intrans Bintaro Jaya untuk menuju BXc Mall.

Namun, para warga tak perlu khawatir. Trans Bintaro Jaya tetap menyinggahi Halte BTC untuk menjemput penumpang yang akan menuju Pondok Indah atau Ratu Plaza. Jadi, para warga tetap bisa menunggu kedatangan Trans Bintaro Jaya di Halte BTC. Tapi, bus dari Ratu Plaza hanya sampai di Halte Terpadu BXc Mall, tidak lagi berhenti di Halte BTC. Bagi penumpang yang ingin ke BTC, dapat menggunakan Intrans Bintaro Jaya.

Angkutan internal Intrans Bintaro Jaya memang berfungsi sebagai feeder untuk Trans Bintaro Jaya. Bagi warga Sektor 9 dan sekitarnya yang ingin menaiki Trans Bintaro Jaya, bisa menunggu di Halte BTC atau menggunakan Intrans menuju BXc Mall. Sedangkan, warga dari Sektor 1 hingga 8, dapat menunggu Intrans di Halte Ruko Sentra Menteng. Sebab, Intrans Bintaro Jaya koridor CBD memiliki rute BXc Mall - BTC - Giant - Griya Niaga - Ruko Sentra Menteng - RS Premier Bintaro - Titan Center dan kembali lagi ke Halte BXc Mall.

Kendati mulai awal bulan Desember 2014, Trans Bintaro Jaya tak lagi 'berpusat' di Halte BTC, namun halte ini baru akan direnovasi pada awal bulan Januari 2015 mendatang. Nantinya akan segera dibuat halte khusus Intrans Bintaro Jaya. Mock-up halte akan sama dengan halte yang sudah ada di depan Driving Range, District Discovery.

Di BXc Mall sendiri, akan dibuat loket khusus bagi penumpang Trans Bintaro Jaya. Tepatnya, berada di Pintu Selatan. Pengelola Kawasan Bintaro Jaya (PKB) telah menyediakan lokasi penjualan tiket seluas 5 meter x 5 meter, lengkap dengan kursi tunggu untuk para penumpang. Jadi, penumpang tetap merasa nyaman menunggu di dalam mall, sebelum keberangkatan bus Trans Bintaro Jaya. Di loket tersebut, juga akan dilengkapi dengan jadwal Trans Bintaro Jaya, Intrans Bintaro Jaya, dan kereta api Commuter Line.

Halte-halte Baru

click to enlargePemindahan Trans Bintaro Jaya ke Halte Terpadu BXc Mall berkaitan dengan rencana pengembang mengintegrasikan sistem transportasi di kawasan hunian Bintaro Jaya. Halte Terpadu BXc Mall akan menjadi sentral angkutan transportasi yang ada di Bintaro Jaya. Baik itu Trans Bintaro Jaya, Intrans Bintaro Jaya, maupun kereta api Commuter Line.

Mulai awal bulan Januari 2015 mendatang, pihak Pengelola Kawasan Bintaro Jaya juga akan segera membangun halte-halte di sepanjang Boulevard Bintaro Jaya yang dilalui oleh Intrans. Terutama di depan Universitas Pembangunan Jaya, Kebayoran Arcade, Gedung Indika, Titan Center, Giant Hypermarket, dan Kebayoran Village.

"Tahap awal kami baru akan membuat halte di sepanjang boulevard dulu. Tahap berikutnya, baru membangun halte di cluster-cluster yang dilalui Intrans Bintaro Jaya. Armada Intrans juga akan kami tambah jika kapasitas saat ini sudah tidak lagi memadai," ujar Winarso, Manager Fasilitas dan Transportasi Bintaro Jaya.

Selain itu, armada Trans Bintaro Jaya juga akan kembali kedatangan tiga bus baru mulai bulan Desember 2014 ini. Tiga bus baru tersebut akan menggantikan bus-bus yang lama. Sehingga, total peremajaan bus akan berjumlah 6 buah. Sisanya, dua bus lain, baru akan diremajakan pada tahun depan.


Sumber: Kicau Bintaro Desember 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar