Peningkatan Kualitas Jalan Utama

click to enlargePengaspalan sebagian jalur Jalan Boulevard Bintaro Jaya sudah rampung. Begitu pula dengan jalan utama di depan BTC dan Pasar Modern. Ini merupakan bagian dari proyek peningkatan kualitas jalan utama di Bintaro Jaya.

Para warga boleh jadi kini merasa nyaman berkendara di Jalan Boulevard Bintaro Jaya dan Jalan Jendral Sudirman (depan BTC dan Pasar Modern). Pasalnya, jalan-jalan itu sudah mulus, setelah unit Proyek dan Pengelola Kawasan Bintaro melakukan peningkatan kualitas jalan, terutama di jalan-jalan utama.

Keluhan warga memang kerapkali terlontar kala berkendara di jalan-jalan tersebut. Seperti, kualitas jalan yang kian buruk, permukaan jalan yang tidak rata, dan cenderung berlubang. "Untuk itu, perlu dilakukan peningkatan kualitas jalan sebagai tanggung jawab sosial, kelancaran arus lalu-lintas, dan untuk meningkatkan nilai kawasan," ujar G. Widiyantoro, Koordinator Manager Infrastruktur Bintaro Jaya.

click to enlargePengaspalan di Jalan Boulevard Bintaro Jaya dilakukan pada periode bulan Juli 2012 hingga akhir September 2012. Tahap pertama meliputi satu jalur, mulai dari Indomobil Bintaro sampai flyover Graha Taman. Pekerjaan terdiri dari perbaikan jalan yang rusak (patching), meratakan permukaan jalan yang tidak rata (leveling), dan terakhir melapisi jalan dengan overlay wearing course.

Sementara, satu sisi jalur lagi, rencananya akan dirampungkan pada akhir tahun 2012. Lantas, dilanjutkan dengan pembuatan marka jalan dan pemasangan rambu-rambu lalu lintas. Lengkap pula dengan lintasan untuk bike lane. "Peningkatan kualitas jalan ini, menerapkan standar kualitas jalan arteri dari Kementrian PU," jelas Anto, sapaan akrab G. Widiyantoro. "Jika proyek ini rampung, para warga akan tambah nyaman berkendara di Jalan Boulevard Bintaro Jaya," lanjutnya.

Jalan Lingkungan

click to enlargeSelain Boulevard Bintaro Jaya, unit Pengelola Kawasan Bintaro (PKB) juga melakukan peningkatan kualitas jalan dengan mengaspal ulang di Jalan Jendral Sudirman (depan BTC dan Pasar Modern). Sudah dilakukan pada bulan Agustus 2012 lalu. Jalan Maleo Raya juga ikut diaspal. Mulai dari pertigaan Gereja Imanuel hingga pertigaan Jalan Mertilang. Sudah rampung sejak bulan Juli 2012 lalu.

Menurut Nurliya F. Adji, Manager Tata Lingkungan Bintaro Jaya, peningkatan kualitas jalan utama ini memang sudah menjadi program unit PKB. "Melihat dari urgensitasnya, jalan-jalan utama tersebut secara bertahap memang akan ditingkatkan kualitasnya," paparnya.

Di luar jalan utama, pihak PKB juga bekerjasama dengan pengurus warga dalam perbaikan jalan-jalan lingkungan. Sebelumnya, sudah dikukan pada beberapa cluster. Tahun ini, jalan lingkungan di Camar, Sektor 3, yang mendapat giliran. Kerjasama ini berupa sharing pembiayaan perbaikan jalan.

"Kami menghimbau, jika jalan lingkungannya sudah diperbaiki, hendaknya warga ikut merawat. Misalnya, dengan tidak menaruh adukan semen di jalan tersebut. Toh semuanya untuk kepentingan warga juga," ungkap Nurliya. Jalan yang sudah mulus ini, juga bukan tempat untuk trek-trekan lho. Jika melanggar, siap-siap saja ditindak.


Source: Kicau Bintaro September 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar