Fasilitas untuk Aktifitas Warga


Anak-anak tampak asyik bermain di antara pohon-pohon langka. Dari kejauhan, orang tua mereka mengawasi sambil bersantai membaca buku di bangku taman. Beberapa orang pun terlihat jogging seraya menikmati segarnya udara pagi. Hari Sabtu dan Minggu pagi memang banyak dimanfaatkan warga beraktivitas di taman-taman kota dan lingkungan yang ada di kawasan hunian Bintaro Jaya.

Pemandangan tersebut di atas memang menjadi rutinitas yang tampak di taman-taman ketika akhir pekan tiba. Taman-taman kota yang ada di kawasan hunian Bintaro Jaya selalu dipenuhi para warga yang melakukan berbagai aktivitas. Baik itu olah raga, bercengkerama bersama keluarga, atau sekadar membaca buku dan aktivitas ringan lain.

Coba saja pada akhir pekan, jalan-jalan ke Menteng Park, Kebayoran Park, atau bahkan Discovery Park yang masih dalam tahap penyelesaian. Bisa dipastikan, Anda akan melihat para warga yang tengah jogging, senam kecil, bermain bola, bulutangkis, atau sederet aktivitas olah raga lain. Bahkan, beberapa komunitas pun memanfaatkan taman-taman tersebut sebagai tempat kumpul.

Bagaimana tidak para warga asyik menikmati taman-taman yang ada ? Taman-tamannya cukup uas, fasilitasnya cukup memadai, dan pohon-pohonnya sebagian besar sudah rindang dan asri. Di dalam area taman, tersedia bangku-bangku taman, arena bermain anak, dan jogging track.

Bahkan, di Menteng Park, pohon-pohon yang ditanam merupakan tanaman-tanaman yang cukup langka, lengkap dengan papan informasi mengenai jenis pohon beserta nama latinnya sekaligus. "Selain menambah ruang terbuka hijau, taman juga sebagai tempat edukasi pengenalan tanaman langka," ucap Wahid Utomo, Manager Tata Lingkungan Bintaro Jaya.

Totally Green Park

Taman-taman memang dibuat pengembang Bintaro Jaya untuk berbagai aktivitas warga. Tak hanya sekadar menyisakan lahan untuk ruang terbuka hijau. Lebih dari itu, taman-taman yang ada merupakan perwujudan konsep ECOmmunity, sebagai gaya hidup yang ramah lingkungan.

Ini bisa dilihat di Kebayoran Park dan Discovery Park. Keduanya memiliki luas kurang lebih dua hektar. Taman district ini berkonsep totally green park. Yaitu taman yang benar-benar mengutamakan konsep ramah lingkungan. Baik secara fisik maupun fungsi.

Di dalamnya ada polder untuk penampungan air, biopori, composter, panel surya untuk penerangan, bike stand, jogging track, dan plaza untuk sosialisasi warga. Untuk menuju ke Kebayoran Park dan Discovery Park, juga telah tersedia bike lane dan pedestrian yang nyaman bagi pejalan kaki.

click to enlargeAktivitas warga bukan hanya di taman saja. Kawasan hunian Bintaro Jaya juga memiliki beberapa club house, yang biasa dimanfaatkan warga untuk berolah raga renang, senam, yoga, aerobik, dan masih banyak lagi. Kini, malah semakin banyak yang memanfaatkan agenda rutin Car Free Day (CFD) untuk beraktivitas. CFD diadakan setiap bulan sekali pada minggu ke-3 di sepanjang boulevard.

Jadi, tak salah kan jika para warga semakin menikmati fasilitas-fasilitas untuk berbagai aktivitas, yang ada di dalam kawasan hunian Bintaro Jaya ?


Sumber: Kicau Bintaro Desember 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar