Bintaro Jaya - District Premium Bintaro Jaya


Memasuki usia 34 tahun, pengembangan kawasan hunian Bintaro Jaya, tampaknya semakin terarah dan kian menjadi alternatif hunian favorit. Buktinya, cluster-cluster yang baru dikembangkan laku keras. Harga tanah terus melonjak. Huniannya pun termasuk kelas premium. Bintaro Jaya telah menjelma menjadi kawasan hunian prestigious.

Jika awal pengembangan Bintaro Jaya berbasis sektoral, kini tertata lebih baik dengan konsep district. Artinya, dalam satu district terdiri dari beberapa cluster di dalamnya. Dalam satu district, pengembangan lahan hunian bisa mencapai 60 hektar - 80 hektar. Terdiri dari 8 cluster - 12 cluster. Contohnya, district Menteng Bintaro, Kebayoran Residences, Discovery Bintaro, Emerald Bintaro. Sebelumnya, Puri Bintaro dan Permata Bintaro juga dikembangkan dalam skala district.

Istimewanya, district-district tersebut terhubung langsung dengan Boulevard Bintaro Jaya, yang notabene juga terkoneksi dengan jalan tol Bintaro-Pondok Indah. Sehingga, dari segi lokasi dan aksesibilitas, sangat strategis. Tak heran, jika produk-produk yang dipasarkan di beberapa district tersebut, selalu laku keras.

click to enlargeHarga tanah pun terus meningkat, bahkan hingga 300%. Contohnya, district Discovery Bintaro. Jika tahun 2010, masih Rp 2,75 juta per m2, kini bisa mencapai di kisaran Rp 10 juta per m2. Demikian halnya district Kebayoran Residences. Tiga tahun lalu, masih berkisar di angka Rp 3,5 juta per m2. Kini sudah mencapai angka Rp 10,5 juta per m2.

Pengembangan berskala district itu juga menyiratkan tata kota yang lebih terarah dan terukur. Pembagian zona residential dan commercial lebih jelas, tidak tumpang tindih. "Kami memang lebih mengutamakan kenyamanan tinggal bagi para warga. Sementara zona commercial dan perkantoran hanya kami batasi di sepanjang boulevard saja," ungkap Arum Prasasti, Manager Pemasaran Bintaro Jaya.

Kebayoran dan Discovery

click to enlargeKenyamanan tinggal memang menjadi prioritas pengembang. Contohnya saja district Kebayoran Residences. Hunian di-design bagi keluarga mapan, baik secara sosial maupun ekonomi. Sehingga, tinggal di district ini boleh disebut sebagai the premium living. Beberapa cluster juga sudah mulai terhuni dengan lingkungan yang asri dan nyaman.

Sementara itu, district Discovery Bintaro di-design bagi keluarga-keluarga muda dengan anak-anak mereka yang masih dalam usia pertumbuhan. Sesuai namanya, pengembangan konsep hunian dengan titik berat pada memberikan pengetahuan bagi anak-anak. Sehingga, anak-anak tidak hanya dapat ilmu di sekolah saja, tapi juga di rumah, di lingkungan tempat tinggal mereka. Pengetahuan itu terdapat di dalam taman-taman cluster.

Ini bisa dilihat dari lima cluster yang telah dikembangkan. Taman cluster Discovery Terra dilengkapi dengan ornamen taman yang mengandung unsur edukasi tentang bumi atau tanah, sesuai arti nama Terra. Taman cluster Discovery Lumina bakal ada beberapa ornamen atau dekorasi permainan cahaya. Taman cluster Discovery Fiore, bakal berhias tanaman dan ornamen-ornamen berbentuk bunga. Taman cluster Discovery Conserva memiliki konsep edukasi konservasi alam. Terakhir, di dalam taman cluster Discovery Eola, akan ada spot-spot untuk anak-anak belajar mengenai huruf dan juga terdapat sculpture-sculpture berbentuk geometri.

Selain hunian yang exclusive dan elegan, di dalam district juga disediakan fasilitas taman yang cukup besar. Di district Kebayoran Residences, sudah ada Kebayoran Park yang memiliki konsep totally green park. Yaitu, taman yang benar-benar mengutamakan konsep ramah lingkungan. Baik itu secara fisik maupun fungsi.

Di dalam taman, ada polder untuk penampungan air, lubang resapan biopori, composter, panel surya untuk penerangan, bike stand, jogging track, dan plaza untuk sosialisasi warga. Untuk menuju ke Kebayoran Park, juga telah dibuat bike lane dan pedestrian yang nyaman bagi pejalan kaki. Begitu pula dengan district Discovery Bintaro. Sedang dibangun Discovery Park, yang juga mengadopsi konsep totally green park.


Sumber: Kicau Bintaro Juni 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar