Golden Lifetime Achievement Award 2013 - Dr (HC) Ir. Ciputra - Ingin Lahirkan Entreprenur Sejati

click to enlargeDi bidang properti, siapa orang yang tak kenal Ciputra. Dialah pelopor bisnis properti modern di Indonesia. Nama Ciputra telah menjadi brand yang menjanjikan kualitas produk sekaligus prospek investasi dalam bidang properti yang menguntungkan. Oleh karena itu tak salah bila dalam ajang Property&Bank Award 8, sosok Ciputra mendapat penghargaan "Golden Lifetime Achievement".

Sosok Ciputra tak asing bagi industri properti di Indonesia. Dialah pelopor bisnis properti modern di Indonesia yang akhirnya menginspirasi pengusaha lain terjun di bisnis properti. Pria kelahiran Parigi, Sulawesi Tengah pada tanggal 23 Agustus 1931 terlahir dengan nama Tjie Tjin Hoa.

Gelar insinyur yang disandang Ciputra didapat usai menuntaskan pendidikan arsitektur di Institut Tekhnologi Bandung (ITB). Pada semester IV kuliahnya, Ciputra mendirikan usaha konsultan arsitektur bangunan yang berkantor di sebuah garasi. Setelah berhasil meraih gelar Insinyur pada tahun 1960, Ia pindah ke Jakarta.

Karya-karya besar Ciputra begitu beragam, karena hampir semua subsektor properti dijamahnya. Ia kini mengendalikan 5 kelompok usaha yaitu Jaya, Metropolitan, Pondok Indah, Bumi Serpong Damai, dan Ciputra Development yang masing-masing memiliki bisnis inti di sektor properti.

Proyek kota barunya tersebar di Jabotabek dan Surabaya. Di samping itu Ciputra juga telah melakukan ekspansi proyek di Vietnam. Proyek kota baru yang di Tanah Air diantaranya Kota Taman Bintaro Jaya, Bumi Serpong Damai, Pantai Indah Kapuk, Puri Jaya, Citra Raya Kota Nuansa Seni, Pondok Indah, Citra Indah, Kota Taman Metropolitan, Citra Raya Surabaya, Kota Baru Sidoarjo, dan Citra Westlake City di Hanoi, Vietnam.

Ciputra optimistis sektor properti masih akan melaju pesat di Indonesia. Menurutnya, perkembangan bisnis properti masih terus berkembang karena didukung oleh bunga bank yang rendah.

Setelah sukses dengan berbagai mega proyek properti yang ditanganinya, Pak Ci, begitu biasa disapa, juga terpanggil untuk membantu dunia pendidikan di Indonesia. Untuk itu Pak Ci membuat sekolah-sekolah unggulan yang mementingkan proses belajar kreatif untuk menciptakan manusia unggul dengan mengutamakan entrepreneurship. Dalam setiap kesempatan, Pak Ci juga selalu menanamkan pentingnya entrepreneurship untuk membuat bangsa Indonesia maju.

Menurut Pak Ci, tidak ada entrepreneur yang muncul begitu saja. Entrepreneur merupakan sebuah pribadi unggul yang terbentuk karena berbagai macam faktor dan pengaruh. Di balik kemilau prestasi seorang entrepreneur dapat dipastikan selalu ada serangkaian moment dalam kehidupannya yang memiliki arti significant bagi pencapaian keberhasilannya di waktu suksesnya.


Sumber: Property&Bank Edisi Khusus 2013 / Tahun VIII

Tidak ada komentar:

Posting Komentar