IPL bukan hanya bayar sampah

click to enlargeMasih banyak warga yang berasumsi, Iuran Pemeliharaan Lingkungan (IPL) sebagai iuran untuk pengangkutan sampah. Padahal, IPL mencakup segala perawatan dan pemeliharaan lingkungan di seluruh kawasan hunian Bintaro Jaya.

Perawatan dan pemeliharaan lingkungan memang menjadi tanggung jawab Pengelola Kawasan Bintaro Jaya (PKB). Namun, perawatan tersebut meliputi beberapa aspek.

Cakupan IPL antaran lain, pemeliharaan kebersihan lingkungan, perawatan taman, berm, dan mendian jalan, pemeliharaan jalan dan lampu PJU (Penerangan Jalan Umum), pemeliharaan saluran air dan polder, pemeliharaan dan perbaikan pagar batas cluster atau wilayah, pengangkutan sampah rumah tangga, serta asumsi perbaikan-perbaikan yang timbul apabila ada kerusakan karena faktor-faktor alam. "Intinya, IPL bukan hanya untuk pengangkutan sampah saja," ujar Wahid Utomo, Manager Tata Lingkungan Bintaro Jaya.

Untuk meningkatkan pelayanan kepada warga, pengelola telah melakukan beberapa hal. Salah satunya adalah menambah petugas untuk melakukan pengawasan di masing-masing wilayah atau cluster. Petugas tersebut terbagi dalam beberapa tim yang mengawasi wilayah tertentu.

"Mereka juga menjadi ujung tombak pertama dalam hubungan langsung dengan warga. Jadi, jika warga ada usulan atau masukan terkait pemeliharaan lingkungan, bisa langsung menyampaikannya ke petugas kami," lanjut Wahid.

Peningkatan pelayanan juga menyentuh customer service yang berada di kantor PKB di BTC lantai 2. Pengelola telah menambah personil untuk menampung saran dan masukan dari para warga. Bukan itu saja, rencananya juga akan dilakukan revitalisasi ruangan customer service dalam waktu dekat, agar suasana lebih nyaman.

Informasi Tagihan

Wahid juga mengungkapkan, IPL juga bukan hanya menjadi kewajiban bagi penghuni yang tinggal di kawasan Bintaro Jaya. IPL juga mencakup perawatan lahan-lahan kavling yang belum dibangun oleh pemiliknya. Begitu pula ketika kavling tersebut dibangun, sang pemilik wajib menunaikan tagihan yang disebut IPL Masa Membangun apabila sang pemilik melakukan pembangunan.

"Petugas-petugas kami akan proaktif turun langsung ke lapangan untuk mengecek kelengkapan perizinan pembangunan hunian dan pembayaran IPL Masa Membangun. Jika masih ada tunggakan, akan kami berikan surat teguran," ungkapnya.

Mulai bulan Juni 2013, pengelola akan meningkatkan pelayanan informasi melalui SMS. Fungsinya, untuk mengetahui tagihan IPL dan air bersih. Diharapkan para warga melakukan registrasi dengan menggunakan ponsel yang aktif.

Dengan berbagai tanggung jawab pemeliharaan lingkungan tersebut, pihak pengelola mengharapkan peran pengurus lingkungan, baik RT, RW, maupun paguyuban, untuk menghimbau para warga agar menunaikan kewajibannya membayar tagihan IPL tertib waktu. Sehingga, kesinambungan pemeliharaan lingkungan dapat terus dilakukan. "Iuran tersebut akan kami kembalikan ke warga dalam bentuk pemeliharaan lingkungan secara rutin," tandas Wahid.

Registrasi via SMS
Ketik REG (spasi) Kode Blok
Contoh: REG MP/B2-10
Kirim ke nomor 0878 7874 5888


Sumber: Kicau Bintaro Juni 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar